Tips Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

  • Whatsapp
Tips-Menjaga-Kesehatan-Ibu-Hamil
Foto dari Canva Pro

Seorang ibu hamil, tentunya memiliki perbedaan kondisi tubuh dari ibu/wanita dalam kondisi normal (tidak hamil). Biasanya, banyak keluhan yang dirasakan ibu hamil karena faktor perubahan hormon. Misal, mual, muntah, sakit kepala, pusing, pegal-pegal, dan lain sebagainya. Selain itu, seorang ibu hamil juga rentan mengalami anemia. Oleh sebab itu, pentingnya zat besi untuk mencegah anemia pada ibu hamil harus benar-benar diprioritaskan sejak awal kehamilan.

Bagi seorang ibu hamil, tidak hanya harus memperhatikan kondisi tubuhnya sendiri, tetapi kondisi janin pun harus benar-benar diperhatikan. Berikut ini, ulasan mengenai tips menjaga kesehatan ibu hamil sekaligus menjaga janin yang ada di dalam kandungannya:

Read More

1. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin dan zat besi

Tips yang pertama ini harus dilakukan sejak awal kehamilan, karena sangat penting dalam pembentukan janin di dalam kandungan. Anda perlu mengkonsumsi beberapa makanan yang mengandung vitamin dari jenis buah-buahan. Sedangkan untuk makanan yang mengandung zat besi, Anda bisa diperoleh dari beberapa jenis sayur-sayuran hijau.

2. Hindari stress berat

Biasanya kondisi kesehatan janin menjadi terganggu akibat terjadinya tekanan mental pada ibu hamil itu sendiri. Atau mungkin saja tekanan mental tersebut diakibatkan dari kondisi keluarga, lingkungan, maupun faktor lainnya, sehingga memicu stres berat pada ibu hamil. Anggar kondisinya tetap sehat dan janin dapat tumbuh dengan normal, sebaiknya anda menghindari stres berat yang diakibatkan oleh faktor-faktor apa pun.

3. Istirahat yang cukup

Mungkin sebagian ibu hamil sering merasakan sulitnya untuk tidur, hal tersebut adalah suatu kejadian yang lumrah. Bagaimana bisa ibu hamil harus istirahat yang cukup, sedangkan untuk tidur pun sangat sulit? Caranya cukup sederhana, manfaatkan waktu-waktu senggang Anda apalagi saat tubuh merasa lelah agar bisa beristirahat ataupun tidur meskipun hanya beberapa saat saja.

Selain beberapa hal di atas tersebut, ibu hamil juga harus memperhatikan asupan untuk pertumbuhan janin. Diantaranya adalah mengonsumsi makanan yang mengandung Omega 3 (EPA dan DHA), yaitu untuk perkembangan otaknya. Pentingnya DHA untuk ibu hamil dan janin harus diperhatikan sejak awal kehamilan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *