Tanda Awal Kehamilan dan Penanganan yang Harus Diberikan

  • Whatsapp
Tanda-Awal-Kehamilan-dan-Penanganan-yang-Harus-Diberikan

Hamil menjadi impian setiap perempuan setelah menikah. Fase tersebut selalu jadi momen menarik untuk diperbincangkan. Mengingat peristiwa tersebut merupakan kejadian luar biasa dimana Anda mendapat anak. Tentu saja rasa bahagia menyelimuti setiap calon orang tua. Namun, ujian yang kemudian muncul tidak hanya mengenai pihak wanita. Pasalnya, suami juga harus berubah menjadi lelaki sigap sekaligus pengertian. Mengapa demikian? Sebab, masa hamil termasuk masa yang bisa dibilang berat. Perempuan akan mengalami perubahan baik secara mental maupun fisik. Dari sinilah tanda awal kehamilan mampu terlihat.

Beberapa peneliti mengungkapkan bahwa di fase hamil wanita berada di zona yang hampir sama dengan PMS. Tepat! mereka jauh lebih perasa. Belum lagi tekanan dari dalam karena perubahan fisik secara drastis. Kondisi seperti ini tentu saja tidak mudah untuk perempuan. Hal itulah yang kemudian membuat para suami harus lebih ekstra sabar sekaligus pengertian. Jangan biarkan sang istri stress karena hampir semua dampak akan lari pada janin. Tentu fakta ini bukan sesuatu yang mudah untuk dijalankan.

Read More

Namun, bukankah kehadiran anak menjadi rencana kecil sebuah pernikahan yang bahagia? Ketika jawaban dari pertanyaan di atas adalah IYA. Maka tidak ada alasan lain bagi suami dan istri saling bekerja sama. Selain dari segi psikis, suami juga harus memberi aturan pada istri untuk lebih peduli akan asupan makanan yang bergizi. Menyebut kata bergizi tidak melulu mengenai makanan mahal yang hanya mampu dibeli oleh kalangan menengah ke atas.

Perspektif tersebut salah besar. Pasalnya, makanan sehat dan bergizi mampu didapat dari sayuran, tempe, tahu, dan jenis bahan sederhana lainnya. Hal lain yang juga jadi perhatian adalah pengurangan terhadap makanan pedas. Nah, aturan yang satu ini akan sangat menguji kesabaran bagi para pecinta pedas. Bukan tidak memperbolehkan secara total. Hanya saja perlu dikurangi karena makanan pedas secara tidak langsung berdampak pada proses kelahiran anak.

Pada masa hamil perempuan berada di fase perubahan yang sangat drastis. Ia begitu mudah tersentuh oleh berbagai kejadian. Sebagai edukasi dua belah pihak suami dianjurkan untuk selalu menemani sang istri saat memeriksakan kandungan. Sedangkan bagi Anda yang baru pertama kali hamil. Inilah tanda-tanda yang terjadi:

1. Lebih sensitif

Perubahan ini sangat wajar karena terjadi pergerakan hormon yang berbeda pada wanita. Kondisi inilah yang membuatnya lebih mudah emosional. Suami harus memahaminya dan menjadi teman komunikasi yang baik bagi istri.

2. Berhentinya struktur haid

Sedangkan untuk tanda yang satu ini pasti terjadi pada setiap wanita hamil. Namun, sebagai bukti penguat ada baiknya Anda melakukan pemeriksaan atau konsultasi pada profesional. Guna mendapat penjelasan sekaligus penanganan secara tepat.

3. Sering buang air kecil

Seperti yang sudah diketahui bahwa badan wanita hamil mengalami perubahan secara signifikan. Sering buang air kecil menjadi efek wajar yang sering terjadi padanya.

4. Sembelit

Selain sering buang air kecil Anda juga akan merasakan susah buang air besar.

Fase hamil menjadi kondisi menakjubkan yang perempuan alami. Selain poin di atas tanda awal kehamilan mampu terasa dan membuat Anda tampak berbeda. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena semua sudah mempunyai aturan yang berjalan secara sistematis. Sedangkan bagi suami wajib hukumnya untuk berusaha menjadi lelaki penyabar yang rela memberikan apapun untuknya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *