Ragam Jenis Buah Penambah Darah yang Cocok Dikonsumsi oleh Ibu Hamil

Ragam-Jenis-Buah-Penambah-Darah-yang-Cocok-Dikonsumsi-oleh-Ibu-Hamil
Foto dari Canva

Ibu hamil memiliki risiko tinggi terserang anemia. Biasanya anemia pada ibu hamil disebabkan oleh rendahnya kadar asam folat yang memicu jumlah sel darah merah tidak optimal. Akibatnya, ibu hamil bisa lesu dan pusing serta bisa memberi efek yang buruk pada janin. Ada beragam jenis-jenis buah penambah darah untuk ibu hamil yang bisa efektif membantu mencegah kondisi tersebut.

Buah Penambah Darah

Konsumsi buah memang sangat disarankan bagi ibu hamil. Buah memiliki kandungan gizi yang bagus untuk mencukupi kebutuhan tubuh ibu ketika mengandung. Tak hanya bagus untuk ibu, konsumsi buah juga bagus bagi janin dalam kandungan. Berikut adalah beberapa jenis buah yang direkomendasikan bagus untuk menambah darah pada ibu hamil:

Read More

1. Pisang

Pertama ada buah pisang yang diketahui efektif untuk mencegah kondisi anemia. Pisang punya kandungan zat besi yang relatif tinggi di dalamnya. Zat besi ini berperan penting dalam produksi hemoglobin yang menjadi bagian sel darah merah. Pisang juga mengandung asam folat yang merupakan bagian dari vitamin B kompleks dan sangat dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah.

2. Delima

Kemudian ada buah delima yang juga memiliki kandungan zat besi tinggi. Buah delima ini diketahui mengandung berbagai jenis vitamin juga ada asam askorbat di dalamnya yang akan meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh. Semakin tercukupi kebutuhan zat besi dalam tubuh maka semakin lancar juga proses pembentukan sel darah merah.

3. Jambu Biji

Jenis-jenis buah penambah darah untuk ibu hamil memang sangat beragam dan umumnya direkomendasikan buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Salah satunya adalah jambu biji yang memiliki kadar vitamin C sangat tinggi, bahkan lebih tinggi daripada jeruk. Konsumsi jambu biji akan membantu meningkatkan penyerapan zat besi sehingga mengoptimalkan jumlah sel darah merah dalam tubuh.

4. Semangka

Buah yang satu ini memang sangat direkomendasikan bagi ibu hamil. Buah ini diketahui punya kandungan air yang tinggi sehingga bisa membantu mencegah dehidrasi pada ibu hamil. Selain itu, semangka juga memiliki kandungan zat besi yang bagus untuk membantu proses pembentukan sel darah merah. Pada buah semangka juga terdapat vitamin C yang akan mengoptimalkan efisiensi zat besi non-heme.

5. Jeruk

Tak diragukan lagi bahwa buah jeruk juga mengandung vitamin C yang sangat dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil. Selain itu jeruk juga mengandung antioksidan dengan kadar yang relatif tinggi. Asupan vitamin C dari jeruk ini akan membantu mengoptimalkan penyerapan zat besi sehingga proses pembentukan sel darah merah akan berjalan dengan lancar.

6. Kurma

Ibu hamil juga disarankan untuk mengonsumsi kurma. Kurma ini memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi dan di dalamnya juga ada banyak zat gizi penting. Sebut saja ada fosfor, kalsium, sodium, potassium, dan ada antioksidan yang sangat penting bagi tubuh ibu hamil.

7. Stroberi

Buah berikutnya yang juga bisa membantu mengoptimalkan kadar sel darah merah dalam tubuh adalah stroberi. Buah ini memiliki kadar vitamin C yang begitu besar. Terdapat juga antioksidan di dalamnya yang bisa membantu proses pembentukan sel darah merah. Selain itu buah ini juga memiliki rasa masam yang biasanya sangat disukai oleh ibu hamil.

Itulah tadi jenis-jenis buah penambah darah untuk ibu hamil. Konsumsi buah-buahan ini secara teratur jelas akan sangat bagus untuk kondisi tubuh ibu hamil. Namun juga perlu diimbangi dengan konsumsi aneka jenis makanan lainnya yang bergizi lengkap dan seimbang.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *