Napak Tilas Kota Bersejarah di Pulau Jawa

  • Whatsapp
Napak-Tilas-Kota-Bersejarah-di-Pulau-Jawa
Foto dari Canva Pro

Indonesia memiliki beragam kisah terkait perjuangan untuk meraih kemerdekaan. Tidak mengherankan jika banyak tempat bersejarah tersebar di penjuru negeri tercinta kita ini. Dijadikannya suatu tempat sebagai bagian dari sejarah tentunya tidak terlepas dari peristiwa yang memuat beragam aksi heroik dari para pejuang di masa lalu.

Tidak terbatas pada kisah perjuangan kemerdekaan saja, ternyata banyak daerah di Indonesia yang dulunya merupakan wilayah kerajaan dengan kisah menarik untuk diulas lebih mendalam, lho. Seperti yang kita ketahui bersama jika Indonesia turut berperan dalam sejarah peradaban dunia. Maka jangan heran, jika tempat-tempat bersejarah sangat mudah ditemui.

Read More

Berbicara mengenai tempat bersejarah di Indonesia, Pulau Jawa merupakan salah satu pulau yang memiliki tempat ataupun kota bersejarah. Mulai dari ujung barat hingga ujung timur, terdapat beragam pesona serta narasi sejarah yang menarik untuk diketahui lebih mendalam.

Nah, buat kamu yang memiliki jiwa traveling, tidak ada salahnya untuk berkeliling kota sambil menapak tilas kejadian bersejarah di suatu daerah dengan naik Bus Lorena via Traveloka. Tentunya ini akan menambah wawasan terkait peristiwa bersejarah yang pernah terjadi di suatu tempat, bukan? Terlebih jika kamu memiliki rencana mengeksplorasi kota-kota bersejarah di Pulau Jawa.

Lalu, apa saja rekomendasi kota-kota bersejarah di Pulau Jawa yang bisa kamu kunjungi? Simak ulasannya berikut ini, ya!

Surabaya

Banyaknya peristiwa heroik yang terjadi di Surabaya memunculkan berbagai tempat bersejarah yang bisa kamu kunjungi hingga saat ini. Salah satu ikon Kota Surabaya yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Tugu Pahlawan. Ikon yang dibangun sejak zaman penjajahan ini menyajikan suasana sejuk dan sangat cocok untuk dijadikan tempat bersantai di tengah panasnya kota. Tenang saja, kamu bisa kapanpun berkunjung ke sini tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Nggak perlu menempuh jarak yang terlalu jauh dari Tugu Pahlawan, kamu bisa mampir menuju Museum 10 November. Di sini, kamu bisa memperdalam wawasan terkait sejarah Kota Surabaya dan peristiwa perjuangan kemerdekaan secara detail. Cukup dengan merogoh kocek Rp. 5.000 saja, kamu bisa melihat bukti sejarah dan mengeksplorasi cerita di balik perjuangan para pahlawan. Kamu juga bisa menikmati dokumentasi dan lukisan serta peralatan perang yang digunakan oleh para pahlawan di masa lalu untuk mengusir para penjajah. Menarik sekali, bukan?

Jakarta

Tidak hanya dikenal sebagai salah satu kota metropolitan di Indonesia, Jakarta nyatanya juga memiliki segudang bukti sejarah yang perlu kamu ketahui. Pernah mendengar Museum Fatahillah? Atau Stasiun Jakarta Kota? Dua tempat itu merupakan sebagian bukti sejarah yang hingga kini masih eksis dan menjadi tujuan wisata edukatif di Jakarta, lho.

Museum Fatahillah merupakan sebuah museum yang dulunya difungsikan sebagai stadhuis atau Balai Kota yang dibangun sekitar tahun 1700-an di bawah instruksi Gubernur Jenderal Johan van Hoorn. Ketika kamu berkunjung ke tempat ini, maka European vibes akan mudah kamu rasakan. Ini dikarenakan gaya arsitektur bangunan yang diadaptasi dari Istana Dam yang terletak di Amsterdam.

Selain Museum Fatahillah, Stasiun Jakarta Kota merupakan tempat bersejarah selanjutnya yang bisa kamu kunjungi ketika bertandang ke Jakarta. Stasiun ini telah ditetapkan sebagai cagar budaya oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Ini dikarenakan Stasiun Jakarta Kota merupakan stasiun kereta api terbesar dan memiliki usia yang cukup tua di Indonesia.

Semarang

Semarang juga punya bangunan peninggalan zaman kolonial dan memiliki nilai sejarah tersebar di kota ini, salah satunya Lawang Sewu. Dalam catatan sejarah, Lawang Sewu dulunya difungsikan sebagai kantor pusat perusahaan kereta api ketika Belanda masih menguasai Indonesia. Bangunan yang terdiri dari banyak pintu ini juga dibuka di malam hari, lho. Jika kamu ingin menguji adrenalin, tentu Lawang Sewu bisa menjadi pilihan. Gimana? Ingin mencobanya?

Atau, jika kamu lebih tertarik untuk mengeksplorasi bangunan estetik khas Benua Eropa, bisa banget untuk mengunjungi kawasan Kota Lama Semarang. Kamu bisa menikmati indahnya bangunan dan menikmati suasana di sekitar Kota Lama Semarang sambil mengabadikan momen bersama dengan teman ataupun keluarga.

Berwisata memang menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan sekaligus sebagai sarana untuk melepas penat di tengah kesibukan kerja. Di satu sisi, berwisata bisa menjadi media edukatif yang dapat menambah wawasan terkait peristiwa di masa lampau untuk dikenang.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *