Naik Kereta Api Jarak Jauh Saat Pandemi? Ini Tipsnya!

  • Whatsapp
Naik-Kereta-Api-Jarak-Jauh-Saat-Pandemi-Ini-Tipsnya
Foto dari Canva Pro

Apakah kamu punya rencana naik kereta api jarak jauh dalam waktu dekat?

Moda transportasi favorit di Pulau Jawa ini memang selalu jadi pilihan karena nyaman dan tiketnya yang murah. Bepergian naik kereta api di masa adaptasi kebiasaan baru saat pandemi ini bukan hal yang dilarang kok. Tapi ada aturan tambahan yang harus diikuti calon penumpang untuk menekan angka penyebaran virus corona di Indonesia.

Read More

Nah berikut ini ada 5 tips yang perlu kamu ketahui agar perjalanan naik kereta api jarak jauh di masa pandemi ini tetap nyaman dan juga aman.

1. Beli tiket kereta api secara online

Hemat waktu dan tenagamu dengan beli tiket kereta api secara online saja. Tidak perlu langsung datang ke stasiun karena saat ini stasiun juga hanya melayani pembelian tiket go show minimal 3 jam sebelum keberangkatan, bukan untuk tiket yang berangkatnya masih besok-besok.

Kamu bisa dengan mudah beli tiket kereta api di Traveloka dari rumah saja. Tidak perlu panas-panasan keluar rumah dan tak perlu bertemu orang banyak. Mengurangi frekuensi ke luar rumah untuk urusan yang tidak begitu mendesak merupakan salah satu cara mencegah diri terkena virus ini lho!

Selain itu, di masa pandemi ini pembelian secara online lebih disarankan untuk mengurangi memungkinkan kontak fisik dengan orang lain. Beli tiket kereta online juga cepat prosesnya, mudah dan praktis. Bisa dibayar lewat internet banking maupun mbanking hingga bayar melalui kasir supermarket.

2. Ketahui aturan mengenai dokumen perjalanan

Seperti diketahui bersama, untuk naik kereta api jarak jauh diperlukan surat perjalanan tambahan berupa hasil negatif dari RT-PCR, rapid test antigen maupun GeNose. Namun peraturan mengenai masa berlaku maupun waktu pengambilan sampel sebelum hari berangkat bisa berubah-ubah sesuai dengan kondisi kasus aktif di Indonesia saat ini.

Contohnya saja, saat April ada peraturan jika PCR dan rapid tes antigen harus dilakukan maksimal 3×24 jam sebelum berangkat setelah sebelumnya pernah dibatasi hanya 2×24 jam. Jadi kamu harus selalu update tentang peraturan ini agar supaya hasil rapid tes yang kamu bawa bisa dipakai dan kamu pun diizinkan naik ke gerbong kereta.

3. Datang ke stasiun lebih awal

Jadwal keberangkatan kereta api memang sudah tertera jelas di e-tiket yang didapat saat beli tiket kereta online. Tapi bukan berarti kamu bisa santai-santai dan datang ke stasiun di last minute karena ada banyak faktor yang perlu dipikirkan agar kamu tidak sampai ditinggal kereta.

Ingat jika kamu masih harus cetak tiket fisik di mesin yang tersedia dan bisa saja proses ini ngantri karena banyaknya orang yang juga akan berangkat. Selain itu akan ada pemeriksaan tambahan berupa suhu tubuh dan dokumen perjalanan yang membuat waktu dari ruang tunggu ke peron bisa lumayan lama. Bayangkan jika ada banyak orang yang mengantri. Bisa-bisa kamu telat dan ditinggal pergi kereta.

Apalagi jika kamu berniat melakukan tes GeNose yang hanya bisa dilakukan di hari H keberangkatan, Maka kamu wajib datang lebih awal untuk antri dan menunggu hasil tes GeNose agar tidak terlalu mepet dengan waktu berangkat.

4. Makan dulu dari rumah

Peraturan terbaru dari PT KAI adalah penumpang dilarang makan selama perjalanan kereta jarak jauh di bawah 2 jam. Jadi ada baiknya jika kamu makan dulu dari rumah untuk mengisi perut dan mencegah mual selama perjalanan.

Jika perjalanan kereta kamu lebih dari 2 jam, ada baiknya bawa bekal dari rumah agar bisa dinikmati saat perjalanan. Bawa tempat makan dan minum sendiri untuk menjaga kebersihan alat makan yang dipakai ya!

5. Patuhi protokol kesehatan yang berlaku

Selama pandemi ini, PT KAI memberlakukan aturan baru bagi penumpang sebagai bagian dari penerapan protokol kesehatan demi perjalanan yang nyaman dan juga aman. Kamu wajib pakai masker selama berada di dalam stasiun, di atas gerbong hingga tiba di stasiun tujuan.

Kamu juga dilarang untuk ngobrol maupun berbicara dengan penumpang lain atau lewat panggilan telepon selama perjalanan (kecuali dalam kondisi darurat). Kamu juga diharapkan membawa berbagai barang penting untuk bepergian saat pandemi, seperti hand sanitizer, desinfektan kain dan permukaan dan juga tisu basah/tisu kering. Bawa juga masker cadangan untuk mengganti masker yang sudah kotor. Pakai face shield juga disarankan namun tidak wajib.

Nah, dengan mengikuti tips-tips di atas, perjalanan kamu naik kereta api pun akan tetap nyaman dan aman meski ada banyak aturan tambahan. Kamu harap maklum karena kita masih dalam masa pandemi sehingga harus disiplin melakukan protokol kesehatan agar terhindar dari paparan virus ini.

Jadi, kapan nih kamu berangkatnya? Hati-hati di jalan dan selamat berlibur ya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *