Mengenal Askep Efusi Pleura, Gejala, dan Cara Mengobatinya

January 8, 2020 0 By admin

Saluran pernafasan rentan mengalami peradangan yang disebabkan oleh infeksi dari bakteri. Satu di antaranya yaitu efusi pleura. Anda yang mengalaminya juga memerlukan askep efusi pleura. Memang kondisi ini perlu penanganan yang tepat dari orang-orang yang memang ahli di bidangnya. Pengobatan pun dapat berjalan dengan baik jika ditangani oleh serangkaian perawatan yang sesuai prosedur dunia kesehatan. Pasien yang mengalaminya dapat perlahan dapat sembuh dengan pengobatan yang tepat tadi. Orang-orang yang mengalaminya dapat menjalani aktivitas dengan normal seperti biasanya.

Efusi pleura merupakan penimbunan cairan pada bagian rongga pleura. Letaknya berada di bagian luar dengan menempel dinding pada rongga dada. Sedangkan pleura di bagian dalam justru menutupi paru-paru serta menggabungkan saraf-saraf, pembuluh darah, dan bronkus. Pada Kondisi ini bukanlah sebuah penyakit. Melainkan gejala dari penyakit tertentu. Pada awalnya cairan pada pleura ini berfungsi sebagai pelumas yang dapat meningkatkan kinerja paru-paru agar menghasilkan nafas yang normal. Namun, Saluran yang sangat penting ini terganggu oleh infeksi bakteri yang membuat jaringan disekitarnya meradang. Bisa juga karena komplikasi penyakit lain seperti gagal jantung, infeksi paru, sirosis hati.

Askep pada efusi pleura merupakan perawatan yang diberikan secara langsung kepada penderitanya. Memang kondisi tersebut membutuhkan penanganan yang tepat agar bisa sembuh dengan cepat. Asuhan keperawatan ini dapat memenuhi kebutuhan fisiologis seperti cairan, oksigen serta nutrisi. Orang yang mengalami keadaan efusi pleura yaitu cairan yang ada pada rongganya terinfeksi bakteri yang berbahaya. Proses keperawatan ini juga dilakukan secara berkesinambungan sampai pasien benar-benar sembuh. Tindakan medis yang dilakukan juga harus didasari pengetahuan yang telah di sertifikasi oleh pendidikan yang memang memahami kondisi ini. Jika ditangani perawatan yang tidak kompeten, pengobatan pun tidak akan maksimal. Pasien juga tidak dapat sembuh dengan cepat.

Gejala-gejala dari efusi pleura yang sering dialami oleh para penderitanya ini pasti akan sangat mengganggu. Jika tidak segera diobati. Apalagi cairan pleura ini erat sekali dengan saluran pernafasan. Dan jaringan-jaringan vital yang ada pada tubuh manusia. Memang penting untuk menjaga kondisi badan tetap normal dan terhindar dari segala macam penyakit seperti tumor jinak dan ganas. Cairan yang baik bisa terkontaminasi oleh penyebaran sel kanker. Berikut ini ada beberapa tanda-tanda yang bisa Anda kenali pada penderitanya:

  • Merasakan sesak nafas.
  • Nyeri pada dada yang terjadi terus-terusan.
  • Radang yang terjadi pada pembungkus paru-paru yang terasa sakit.
  • Jalan masuk udara menuju paru-paru, sehingga trakea terganggu.
  • Mengalami batuk yang tak kunjung sembuh.
  • Sering cegukan.
  • Nafas terasa cepat, dan tidak beraturan.
  • Dada akan terasa berat
  • demam

Saat tanda atau gejala yang telah disebutkan terjadi semuanya pada Anda dan orang-orang terdekat, memang pentingnya askep efusi pleura. Namun, apabila gejala hanya satu atau dua saja. itu kemungkinan gejala dari penyakit lain. Pengobatan yang biasanya diberikan pada penderita efusi pleura memang akan berbeda. Sesuai dengan tingkat keparahan dan juga kadar cairan yang ada pada rongga pleura. Berikut ini beberapa jenis pengobatan yang sering dilakukan pada penderitanya:

  • Drainase, pengeluaran cairan yang sudah menumpuk di dalam pleura agar tidak terjadi peradangan akibat infeksi bakteri.
  • Terapi antibiotik juga biasanya diberikan kepada penderitanya dalam jangka panjang untuk menyembuhkan efusi pleura.
  • Diberikan bahan iritan menggunakan selang yang sebelumnya cairan pada rongga pleura dibuang. Hal itu diberikan jika cairan masih terjadi terus menerus.
  • Pengobatan kliotoraks dapat memperbaiki saluran getah bening yang mengalami peradangan parah.