Mengapa Kita Membutuhkan Web Designer?

February 10, 2020 0 By admin

Mengapa-Kita-Membutuhkan-Web-Designer

Sebenarnya Apa alasan kita? Kenapa kita membutuhkan desainer? Jawabannya Mungkin cukup sederhana jika Anda memiliki sebuah web, lantas Anda bingung tampilan seperti apa yang harus Anda pakai maka cara yang terbaik adalah Anda menggunakan jasa Web Designer. Mereka akan menyulap website Anda menjadi website yang cantik.

Apa Benar Kita Membutuhkannya?

Jawabannya mungkin saja Anda membutuhkannya. Jika sebuah website tidak memiliki tampilan menarik maka para user-nya cenderung tidak menyukainya. Apalagi website tersebut merupakan web portofolio ataupun blog. Jika website Anda merupakan website yang berisikan tentang berita dan artikel, hukum menggunakan designer adalah wajib.

UI merupakan sarana bagi sebuah web dalam berkomunikasi dengan para usernya. Alangkah mengecewakan apabila website yang memiliki konsep dan ide yang bagus tetapi tidak memiliki interface yang baik. Biasanya sebuah web akan mulai ditinggalkan kala sudah tidak menarik atau tidak memiliki interface yang ramah dengan pengguna.

Fungsi dari Designer yang Dapat Kita Nikmati

Berikut ini merupakan fungsi dari seorang designer website. Terlepas dari seorang designer website merangkap sebagai programmer, kita juga mesti melihat bahwa sebenarnya designer website merupakan profesi yang berbeda dengan programmer. Ada beberapa hal yang dapat kita lihat sebagai fungsi dari designer website:

1. Mengubah Layout dan Tampilan

Jika seorang programmer merubah tampilan website dengan code, biasanya seorang desainerlah yang memberikan basic idea kepada sang programmer. Tampilan cantik namun juga ramah pengguna merupakan salah satu kerumitan dalam design website.

2. Merubah UI Sebuah Website

Kalau kita bicara soal user interface, maka yang perlu kita libatkan bukan hanya seorang programmer melainkan juga kita memerlukan designer. Tanpa seorang designer, UI akan kurang ramah pengguna. Layout dan UI bisa dibilang berbeda sebab layout biasanya hanya masalah tema, sedangkan UI lebih bersifat interaksi dengan pengguna.

3. Mengembangkan User Experience

Dengan kerja seorang desainer, UX dari para pengguna dapat ditingkatkan sekaligus dilihat perkembangannya. Jika hasilnya kurang memuaskan seorang designer biasanya akan segera memperbaiki ataupun merubah UX dari web tersebut.

4. Mendesain Logo dan Base Warna Website Sesuai Karakter Web

Hal ini, merupakan keahlian eksklusif yang dimiliki seorang designer website. Logo dan base warna, biasanya direncanakan dan dikerjakan di atas kertas bukan dalam komputer. Ide yang lahir beserta dengan karakter web, biasanya disunting dengan sentuhan ciri khas sang designer.

Jika melihat betapa banyak yang seorang web designer mampu lakukan, maka wajar jika harga yang dipatok untuk jasanya tidaklah murah. Biasanya kita hanya melihat soal tampilan saja padahal fungsi seorang desainer begitu luas dan tak dapat dibatasi hanya sekadar tampilan.