Memahami 8 Fungsi Otot Dalam Tubuh Manusia

Memahami-8-Fungsi-Otot-Dalam-Tubuh-Manusia
Foto dari Canva

Makhluk hidup seperti manusia dan hewan memiliki otot sebagai jaringan dalam tubuh yang berfungsi melakukan gerakan. Ada tiga jenis otot dalam tubuh manusia yang memiliki peran berbeda yaitu otot lurik atau rangka, otot polos dan otot jantung. Ketiganya memiliki ciri dan fungsi masing-masing, misalnya otot lurik yang berada di seluruh tubuh, otot polos berada di saluran cerna dan pembuluh darah, sedangkan otot jantung berada di organ jantung. Otot merupakan bagian penting dalam tubuh manusia yang memiliki banyak manfaat.

Kenali Fungsi Otot yang Menopang Pergerakan Tubuh Anda

Berikut beberapa fungsi otot baik lurik, polos dan otot jantung dalam kehidupan Anda yaitu :

Read More

1. Melakukan gerakan anggota tubuh

Otot merupakan bagian penting dalam menggerakkan anggota tubuh Anda, misalnya otot lurik yang melekat di seluruh tulang yang dikendalikan sistem saraf. Sebab perlu tenaga yang besar dalam menggerakkan tubuh, maka otot lurik yang memiliki fungsi vital bersama tulang dan tendon dikendalikan oleh otak secara sadar.

2. Bisa membantu peredaran darah

Keberadaan otot jantung berfungsi membentuk detak jantung yang dikendalikan oleh sistem saraf otonom, begitu pula dengan otot polos yang berfungsi untuk mengalirkan aliran darah ke seluruh tubuh.

3. Berfungsi dalam bernapas

Manusia selalu bernapas setiap detik yang dikendalikan oleh otot. Otot diafragma bekerja dengan bantuan otot perut, otot leher dan otot punggung, apalagi Anda tengah melakukan pernapasan berat setelah olahraga atau aktivitas fisik lain.

4. Berfungsi dalam proses pencernaan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa otot polos yang ada di saluran cerna memiliki fungsi melemas dan menegang saat ada makanan yang lewat saluran pencernaan tersebut. Bila kita tengah buang air besar atau muntah, otot polos akan bekerja dengan baik.

5. Menopang keseimbangan tubuh dengan baik

Fungsi otot dalam tubuh adalah menopang keseimbangan sehingga Anda bisa berdiri dengan tegak, duduk dan melakukan aktivitas fisik yang lain. Bagian-bagian otot melindungi tulang belakang Anda sehingga Anda perlu menjaga kinerja otot dengan melakukan olahraga dan memberikan asupan nutrisi yang baik. Pasalnya, semakin kuat otot yang Anda miliki, maka semakin bagus kondisi keseimbangan tubuh Anda.

6. Mengatur postur tubuh

Kelenturan dan kekuatan otot tubuh menjadi kunci agar Anda punya postur tubuh yang baik. Kondisi seseorang yang buruk karena kebiasaan membungkuk, duduk terlalu lama atau penyebab lain, maka postur juga bisa menjadi kurang selaras.

7. Membantu proses persalinan pada wanita

Fungsi otot polos di bagian rahim akan membantu proses persalinan pada wanita bila hari H tiba. Otot polos yang membesar seiring pertumbuhan janin di dalam kandungan akan membantu menekan bayi keluar saat kontraksi nanti.

8. Mendukung penglihatan

Otot di bagian mata Anda menjadi peran penting dalam mendukung penglihatan yang baik. Keberadaan otot di bagian ini sering tidak disadari orang awam, tapi memiliki fungsi yang sangat bermanfaat. Anda bisa melihat dengan titik pandang tertentu, berkedip, memejamkan mata, dan kebutuhan penglihatan lain yang bisa dikontrol sesuai kebutuhan. Pastikan Anda juga memenuhi kebutuhan nutrisi untuk kesehatan mata agar fungsi penglihatan bisa terjaga.

Berdasarkan beberapa fungsi di atas, sudah saatnya Anda memperhatikan kekuatan dan kelenturan otot dalam tubuh. Otot merupakan bagian vital yang mendukung aktivitas organ tubuh Anda setiap saat, lho! Rajin berolahraga bisa membantu Anda memiliki otot, tulang dan sendi yang bekerja secara maksimal sehingga tidak mudah mengalami sakit. Yuk, mulai rajin olahraga dan konsumsi asupan susu untuk menjaga kinerja tubuh lebih baik lagi!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.