Ini Cara Efektif yang Bisa Dilakukan Agar Tidak Tertular Coronavirus

  • Whatsapp
Ini-Cara-Efektif-yang-Bisa-Dilakukan-Agar-Tidak-Tertular-Coronavirus
Foto dari Canva Photos Unlimited

Coronavirus atau virus corona menjadi salah satu virus berbahaya yang ditakuti saat ini. Karena sejak kemunculannya pada akhir Desember 2019 lalu di kota Wuhan, China, tidak sedikit jumlah korban yang terenggut nyawanya oleh virus ini. Penyebarannya pun tergolong cepat dan mudah prosesnya, sehingga tak heran jika hampir di seluruh Indonesia juga ikut terpapar penyebaran virus corona, tak terkecuali di Indonesia.

Penyebab dari wabah yang menjangkit di semua negara di dunia ini tak lain dikarenakan oleh virus corona jenis baru yang disebut dengan nama novel corona virus 2019 (2019-nCoV) atau SARS-CoV-2. Penyakit ini termasuk ke dalam golongan virus yang sama dengan virus pada penyebab penyakit SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) dan MERS (Middle-East Respiratory Syndrome). Dan penyakit yang disebabkan oleh infeksi SARS-CoV-2 inilah yang kita kenal sekarang dengan nama penyakit COVID-19 (corona virus disease 2019).

Read More

Virus SARS-CoV-2 disinyalir berasal dari hewan, seperti kelelawar dan unta. Penularannya bisa dari hewan ke manusia, serta manusia ke manusia. Untuk penularan antar manusia ke manusia, kemungkinan terjadi melalui percikan dahak ketika sedang batuk atau bersin. Gejala yang akan nampak pada mereka yang sudah terinfeksi virus corona menyerupai gejala pada orang sakit flu, seperti demam, batuk, dan pilek. Namun gejala ini akan semakin meningkat dalam beberapa hari selanjutnya menjadi lebih serius, seperti mengalami sesak napas karena terinfeksi pada organ paru-parunya (pneumonia).

Virus corona bisa menyerang siapa saja tanpa pandang bulu, sehingga menuntut kita untuk terus waspada. Karena selain bisa mengganggu kesehatan, terutama kesehatan sistem pernapasan, juga bisa menyebabkan kematian. Sehingga memang tidak boleh dianggap remeh, terlebih penularan virus ini terbilang mudah dan cepat. Melakukan pencegahan menjadi salah satu upaya agar bisa terhindar dari penularan virus corona. Karena jika sudah terinfeksi, belum ada pengobatan atau vaksin yang bisa menyembuhkan saat ini.

Menerapkan social distancing menjadi salah satu langkah yang dihimbau oleh pemerintah agar terhindar dari penyebaran virus corona. Selain itu, juga masih ada beberapa cara efektif lainnya yang bisa dilakukan untuk mencegah dari penularan infeksi virus corona, antara lain:

1. Mencuci tangan dengan benar.

Cara sederhana yang bisa dilakukan agar terhindar dari virus ini adalah dengan rajin mencuci tangan. Pastikan cara mencuci tangan Anda sudah benar, yaitu dengan menggunakan air yang mengalir dan sabun setidaknya 20 detik. Usahakan seluruh bagian tangan Anda sudah tercuci bersih, termasuk pada bagian punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari tangan, dan kuku. Selanjutnya keringkan tangan dengan handuk bersih atau tissue.

2. Menggunakan masker saat beraktivitas sehari-hari.

Ada dua jenis masker yang bisa Anda gunakan dalam mencegah penyebaran virus corona, yaitu masker bedah dan masker N95. Untuk masker bedah merupakan masker sekali pakai dan bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

3. Menjaga daya tahan tubuh.

Agar daya tahan tubuh meningkat, sangat disarankan mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran. Selain itu, menerapkan gaya hidup sehat, seperti rajin berolahraga, tidur cukup, dll. 

4. Hindari bepergian ke daerah atau negara yang terjangkit virus corona.

Banyak sekali daerah di Indonesia maupun negara-negara lain yang sudah dikonfirmasi terjangkit virus corona. Sehingga agar terhindar dari virus ini, sebaiknya urungkan untuk bepergian kesana. 

5. Menghindari kontak langsung dengan hewan yang berpotensi mampu menularkan virus corona.

Coronavirus penyebab penyakit COVID-19 ini memang diduga kuat berasal dari kelelawar dan disebarkan oleh beberapa hewan reptile dan mamalia. Oleh karena itu hindari kontak langsung dengan hewan-hewan tersebut.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *