Dapat Menyebabkan Kecelakaan, Yuk Intip Penyebab Rem Blong

  • Whatsapp
Dapat-Menyebabkan-Kecelakaan-Yuk-Intip-Penyebab-Rem-Blong
Foto dari Canva Pro

Rem merupakan salah satu komponen terpenting pada kendaraan. Hal ini dikarenakan benda tersebut dapat berfungsi untuk menghentikan laju kendaraan ketika sedang berkendara. Oleh sebab itu, tak ada salahnya untuk selalu mengecek kondisi rem agar anda bisa bepergian dengan lebih aman dan selamat. Pasalnya, jika benda ini mengalami gangguan akan mampu mengakibatkan kecelakaan. Berikut beberapa penyebab rem blong yang perlu anda tahu.

Penyebab Rem Tidak Dapat Digunakan Saat Berkendara

1. Kanvas Rem Aus

Rem aus dapat disebabkan karena terlalu sering menginjak tuas rem. Jika kendaraan telah digunakan dalam waktu yang lama kemungkinan kanvas rem aus sangat tinggi. Tanda apabila kanvas rem aus adalah tuas rem akan menjadi lebih ringan. Apabila kanvas rem aus sudah parah sebaiknya anda segera mengganti kanvas dengan yang baru ke bengkel terdekat, karena hal ini dapat membahayakan anda saat berkendara.

Read More

2. Terdapat Sumbatan Pada Selang Minyak Rem

Biasanya penyebab satu ini dapat terjadi karena terlalu banyak kotoran yang terdapat dalam kandungan minyak rem atau penggunaan minyak rem yang kotor. Hal ini membuat saluran minyak rem akan tersumbat. Selain itu, sumbatan kotoran pada selang juga tergantung baik buruknya kualitas minyak rem yang anda gunakan. Maka dari itu, anda bisa memilih minyak rem yang memiliki kualitas terbaik.

3. Minyak Rem Habis

Selain kanvas rem yang sudah aus, minyak rem yang habis juga menjadi penyebab rem blong yang kerap kali terjadi. Hal ini  dikarenakan pengendara tidak mengecek kendaraan sebelum bepergian. Untuk itu, lakukan pengecekan secara berkala setiap kali anda hendak bepergian, terutama jika anda berkendara dengan jarak yang jauh. Pengecekan tersebu bertujuan untuk menghindari adanya kondisi seperti satu ini.

Beberapa alasan tersebut bisa menjadi hal yang menyebabkan rem blong saat berkendara. Jika anda merasa rem anda sudah tidak pakem lagi, segeralah untuk mendatangi bengkel terdekat. Sehingga, anda pun menjadi mengetahui penyebab tidak berfungsinya rem tersebut. Dengan mengecek kondisi kendaraan dan komponennya secara rutin, dapat menjaga anda dari bahaya yang terjadi ketika berkendara.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *