Asam Jawa Rasanya Boleh Asam, Tapi Khasiatnya Manis Bagi Kesehatan

September 26, 2019 0 By admin

Buah yang memiliki gabungan rasa asam serta manis ini seringkali dipakai jadi pilihan penyembuhan di beberapa penjuru dunia.

Kandungan polifenol pada asam jawa mempunyai karakter anti-oksidan serta antiperadangan yang bisa menolong menangani penyakit tersendiri, apa sajakah?

1. Membuat lancar skema pencernaan

Asam jawa yang dikenal juga dengan panggilan tamarin diakui bisa jadi obat pencahar alami sebab kandungan serat yang berada di dalamnya.

Asam jawa memiliki kandungan 6 gr serat tidak larut hingga membuat feses Anda bertambah gampang untuk melalui usus.

Menurut satu riset tahun 2011 mengenai faedah asam jawa buat kesehatan manusia, menunjukkan terdapatnya asam kalium pada buah ini. Ini membuat efisien jadi obat pencahar.

Diluar itu, diketemukan juga jika beberapa anak di Afrika memakai asam jawa jadi sisi dari sarapan untuk menangani sembelit. Umumnya, mereka mencampurkan buah masam yang belum masak dengan juice jeruk nipis atau madu.

Oleh karenanya, minuman yang memiliki kandungan asam jawa dipercaya dapat menolong menangani masalah pencernaan, seperti diare serta sembelit.

2. Memperhatikan kesehatan jantung

Seperti yang telah disebut awalnya, asam jawa memiliki kandungan polifenol seperti flavonoid yang berbentuk anti-oksidan buat badan. Hal itu dibuktikan lewat satu riset yang menyertakan binatang eksperimen untuk lihat dampak ekstrak tamarin pada hewan yang memiliki cholesterol tinggi.

Eksperimen itu tunjukkan terdapatnya penurunan kandungan cholesterol jahat (LDL), cholesterol keseluruhan, serta trigliserida. Ekstrak asam jawa yang diserahkan kepada hewan itu menyerap serta menolong bersihkan LDL dari jaringan saraf.

Karenanya, anti-oksidan yang ada di buah ini dipandang bisa menolong turunkan bahaya oksidatif pada cholesterol jahat yang bisa tingkatkan efek penyakit jantung.

3. Mengurus diabetes

Buat beberapa penyandang diabetes mungkin tidak asing dengan faedah asam jawa untuk mengatur diabetesnya.

Dalam eksperimen yang dikerjakan pada hewan, ekstrak asam jawa yang telah dicairkan bisa bertindak jadi antidiabetes yang cukup kuat.

Masih dari riset yang sama, pemberian ekstrak asam jawa dapat turunkan efek hiperglikemia sebab kandungan magnesium yang relatif tinggi, yakni 28 gr.

Walau kandungan gulanya lumayan tinggi, magnesium yang terdapat di dalamnya mempunyai peranan yang penting atas 600 peranan organ badan manusia, terhitung jadi antidiabetes.

4. Menolong turunkan berat tubuh

Tidak hanya bisa kurangi efek penyakit diabetes, nyatanya konsumsi asam jawa dapat juga turunkan berat tubuh.

Seperti yang dikutip dari satu jurnal sekitar dampak tumbuhan Asia pada kesehatan manusia, asam jawa terhitung dalam kelompok buah yang bisa turunkan efek obesitas.

Obesitas adalah keadaan saat kandungan lemak badan satu orang bertambah terlalu berlebih, khususnya di jaringan adiposa (lemak).

Eksperimen yang dikerjakan pada tikus gemuk tunjukkan jika pemberian ekstrak asam jawa dapat dibuktikan turunkan berat tubuh.

Hal itu berlangsung sebab zat asam hidroksitikit atau HCA menolong menghalangi penyimpanan lemak di pada tubuh. Meskipun mungkin efeknya tidak demikian besar, asam jawa dapat mendesak nafsu makan Anda sebab ada penambahan kandungan serotonin.

Namun, masih dibutuhkan riset yang betul-betul memberi dukungan faedah asam jawa pada kesehatan manusia jadi obat alami penurun berat tubuh.

5. Menolong membuat perlindungan organ hati

Di Bangladesh, asam jawa dikonsumsi berbentuk buah untuk memperoleh faedah kesehatan yang dibawa. Obat ini didapati bisa membuat perlindungan organ hati mereka.

Pada suatu studi uji coba pada hamster, kelihatan jika ekstrak hidroalkohol dari asam tamarin menolong tingkatkan skema anti peradangan untuk organ hati.

Alkohol serta zat perusak organ liver yang lain bisa tingkatkan efek penyakit hati serta jadi salah satunya pemicu apoptosis (proses matinya beberapa sel yang tidak dibutuhkan badan).

Pada hewan yang alami ketagihan alkohol kronis juga kelihatan jika asam jawa mempunyai dampak anti-apoptosis yang menolong membuat perlindungan liver.

Karenanya, asam jawa diakui oleh banyak orang bisa menolong kurangi kehancuran liver. Walau begitu, belumlah ada riset yang menunjukkan dampak asam tamarin pada organ hati manusia.

Faedah asam jawa atau tamarin untuk kesehatan sebetulnya seringkali dipakai oleh warga Indonesia. Mereka yakin jika minum jamu atau konsumsi makanan yang memiliki kandungan asam jawa bisa tingkatkan kesehatan mereka.

Namun, butuh diingat jika masih diperlukan riset yang selanjutnya untuk pastikan kebenaran itu. Bila Anda sangsi, coba konsultasi lebih dulu dengan dokter sebelum mengkonsumsinya.