5 Tips Sederhana untuk Mencegah Gigi Ngilu

5-Tips-Sederhana-untuk-Mencegah-Gigi-Ngilu
Foto dari Canva

Masalah gigi ngilu seringkali terasa sangat mengganggu dan menyakitkan. Hal ini akan sangat mengganggu terutama ketika Anda sedang makan. Nyeri yang ditimbulkan juga seringkali tetap terasa bahkan meskipun Anda sudah selesai makan. Umumnya ngilu tersebut akan terasa ketika Anda memiliki tipe gigi sensitif yang memang peka terhadap suhu panas, dingin, dan asam.

Mencegah Ngilu pada Gigi

Rasa ngilu ini sebenarnya bisa diatasi dengan beberapa cara. Tentunya memang dibutuhkan langkah perawatan yang tepat agar rasa ngilu tersebut bisa diatasi dengan baik dan benar-benar lenyap. Berikut ini adalah 5 tips sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya ngilu pada gigi:

Read More

1. Sikat Gigi secara Rutin

Langkah pertama, cobalah untuk menyikat gigi rutin sebanyak 2 kali sehari. Gunakan sikat gigi yang lembut dan pastikan pasta gigi yang dipakai mengandung fluoride. Ini merupakan cara paling mudah dan sederhana untuk mengatasi masalah ngilu pada gigi. Selain itu cara ini juga sangat efektif untuk menjaga kebersihan gigi dan rongga mulut Anda.

2. Sudahi Kebiasaan Menggertakkan Gigi

Selanjutnya, cobalah untuk menyudahi kebiasaan menggertakkan gigi. Kebiasaan seperti ini bisa memicu struktur gigi Anda menjadi rapuh. Lapisan luar gigi jadi terkikis dan menyebabkan munculnya masalah gigi sensitif. Jadi sangat disarankan untuk berhenti menggeretakkan gigi agar strukturnya tetap terjaga dengan baik.

Lalu, apa yang harus dilakukan jika Anda memiliki kebiasaan ini? Sebagian orang memang memiliki kebiasaan menggertakkan gigi. Jika Anda juga punya kebiasaan seperti ini maka cobalah untuk memakai pelindung gigi. Pelindung gigi akan sangat membantu menjaga strukturnya meskipun Anda terbiasa menggeretakkan gigi.

3. Batasi Konsumsi Makanan Asam

Gigi ngilu juga bisa disebabkan oleh terlalu banyak konsumsi makanan asam. Cobalah untuk membatasi konsumsi makanan dan minuman yang asam. Makanan dan minuman seperti ini bisa membuat gigi Anda jadi lebih lunak kemudian mudah terkikis. Jadi, lebih baik dihindari agar struktur gigi tetap kuat dan utuh sehingga tak terjadi masalah gigi sensitif.

4. Kumur dengan Hidrogen Peroksida

Rasa ngilu pada gigi biasanya akan terasa semakin menyiksa jika dibiarkan begitu saja. Itulah mengapa dibutuhkan langkah yang memang tepat untuk mengatasinya. Anda bisa coba berkumur dengan hidrogen peroksida untuk mengatasi masalah ini. Hidrogen peroksida adalah salah satu jenis antiseptik yang sifatnya ringan dan di dalamnya juga terdapat efek desinfektan.

Hidrogen peroksida sering digunakan untuk membersihkan dan mensterilkan luka. Produk ini juga sangat efektif mengatasi masalah gigi sensitif karena efektivitasnya yang tinggi dalam membasmi kuman atau bakteri. Selain itu hidrogen peroksida juga efektif menyembuhkan masalah gusi seperti inflamasi maupun sariawan. Jadi memang cukup baik untuk rutin berkumur menggunakan hidrogen peroksida.

5. Kontrol Rutin ke Dokter Gigi

Jangan lupa, pastikan Anda rutin periksa ke dokter gigi. Kontrol rutin ke dokter gigi akan sangat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Paling tidak lakukan kunjungan ke dokter gigi 2 kali dalam setahun. Jika Anda rajin kontrol gigi maka kesehatan rongga mulut akan terjamin. Masalah pada rongga mulut bisa segera diatasi sedini mungkin sebelum berkembang menjadi parah.

Atasi gigi ngilu dengan langkah pengobatan yang tepat. Terapkan kebiasaan yang baik demi mencegah masalah gigi sensitif. Atur pola makan dengan baik agar tubuh juga menerima asupan gizi yang lengkap dan seimbang. Pastikan untuk menghindari perubahan suhu yang ekstrem saat mengonsumsi makanan. Tunggulah makanan hingga mendekati suhu normal sebelum dikonsumsi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.