5 Manfaat Mengonsumsi Cokelat Hitam Bagi Tubuh

  • Whatsapp
5-Manfaat-Mengonsumsi-Cokelat-Hitam-Bagi-Tubuh
Foto dari Canva Pro

Cokelat merupakan jenis makanan yang sangat disukai oleh anak-anak dan kaum hawa. Namun, juga banyak kaum pria menyukainya. Cokelat dapat diolah menjadi berbagai macam minuman juga makanan. Salah satu varian cokelat yang banyak dikonsumsi dan memiliki nutrisi adalah coklat dark chocolate yang cocok untuk diet juga.

Banyak orang mengira mengonsumsi cokelat akan menaikkan berat badan, sebenarnya pendapat ini tidak sepenuhnya benar. Apabila Anda mengonsumsi jenis tertentu dan jumlah yang tepat, maka akan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah cokelat hitam.

Read More

Manfaat Cokelat Hitam Bagi Tubuh

Hasil penelitian ahli menyatakan bahwa cokelat hitam merupakan jenis cokelat yang memberikan banyak manfaat. Dengan mengonsumsi sekitar 40 gram cokelat hitam per hari akan mendatangkan berbagai manfaat berikut ini:

1. Meredakan Stres

Sering mendengar kalau cokelat dapat meredakan stres? Sebagian orang mungkin belum bisa percaya ada makanan yang mampu membantu menekan stres dan mampu meredakannya. Namun, kenyataannya mengonsumsi cokelat dapat memberikan efek positif bagi pikiran Anda.

Dengan mengonsumsi cokelat hitam secara rutin selama 2 minggu, rasa cemas akan berkurang dan mood akan menjadi lebih baik, tidak lagi merasa bosan serta uring-uringan. Efek lebih lanjut akan mengurangi stres.

2. Sebagai Proteksi dari Radikal Bebas

Coklat hitam menyediakan berbagai variasi cokelat hitam yang mampu membantu Anda memproteksi diri dari radikal bebas. Kandungan zat antioksidan dalam tanaman kakao mampu membantu tubuh melawan radikal bebas yang merusak sel tubuh yang menimbulkan beragam masalah kesehatan.

Meski demikian, Anda tetap harus memperhatikan besaran cokelat hitam yang dikonsumsi. Tidak boleh terlalu banyak dan carilah cokelat hitam dengan kandungan cokelatnya mulai dari 80%.

3. Meminimalkan Risiko Terkena Penyakit Jantung

Salah satu penyakit dengan potensi kematiannya tinggi adalah penyakit jantung. Bagi Anda yang memiliki kekhawatiran akan penyakit jantung, mengonsumsi cokelat hitam mampu membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, manfaat lainnya adalah mencegah terjadinya sumbatan dalam pembuluh darah yang dapat menjadi penyebab lain dari penyakit jantung.

4. Menjaga Fungsi Otak

Salah satu penyakit yang membuat banyak orang merasa takut adalah melemahnya fungsi otak. Apabila mengalami ini, Anda bisa menjadi pelupa, pikun, demensia, dan gangguan ingatan lainnya. Agar tidak mengalaminya di usia dini sangat penting untuk mempertahankan fungsi kognitif dan daya ingat.

Cokelat hitam dapat membantu Anda dalam menjaga daya ingat jika dikonsumsi rutin dengan jumlah tepat. Bahkan mampu membantu mengurangi risiko terkena penyakit stroke yang dapat menyebabkan kecacatan dan kematian mendadak.

5. Menjaga Kestabilan Gula Darah

Studi yang dilakukan untuk mencari manfaat dari cokelat hitam membuktikan bahwa di dalam hasil olahan buah cocoa ini terdapat zat yang mampu memperbaiki hormon insulin sehingga dapat menjaga gula darah tetap stabil.

Untuk Anda yang bermasalah dengan penyakit diabetes, mengonsumsi cokelat hitam dapat menjadi salah satu cara mengontrol kandungan gula dalam darah. Namun, cokelat yang dikonsumsi haruslah cokelat hitam sepenuhnya bukan dengan kandungan susu dan gula, sebab cokelat dengan banyak gula ini justru akan menaikkan tingkat gula darah.

Ketika membeli cokelat hitam, pastikan untuk mencari yang tidak mengandung lemak trans, gula, perasa buatan, dan susu. Produk dengan kandungan 70% kakao akan cocok dijadikan pilihan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *