5 Manfaat Mendukung Eksplorasi Anak Demi Tumbuh Kembang yang Sempurna

  • Whatsapp
5-Manfaat-Mendukung-Eksplorasi-Anak-Demi-Tumbuh-Kembang-yang-Sempurna
Foto dari Canva Pro

Bayi yang telah berusia 6 bulan sampai 1 tahun mulai melakukan eksplor lingkungan sekeliling untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru. Pada tahap usia tersebut, anak mulai bisa melakukan kegiatan fisik sederhana dan menyerap beragam kata yang terlontar dari orang-orang di sekitar. Pastikan Anda memberikan peran yang bisa mendukung eksplorasi anak lebih baik agar ia bisa tumbuh dan berkembang sesuai dengan usia.

Manfaat Mendukung Eksplorasi Si Kecil

Anak memang melakukan eksplorasi lingkungan untuk belajar mengenal dan memecahkan masalah kehidupan. Seiring perkembangan usia, anak Anda akan memiliki keterampilan yang baik seperti belajar pengenalan lingkungan, keterampilan motorik dan sensorik, bisa berkomunikasi dengan lancar, kreatif menciptakan hal baru, dan lain-lain. Yuk, dukung eksplorasi anak Anda dengan mendampingi si kecil bermain di rumah!

Read More

Berikut 5 manfaat mendukung eksplorasi anak dengan bermain bersama orangtua di rumah yaitu :

1. Melatih kemampuan motorik anak

Sejak si kecil masih dini, Anda bisa mendampinginya belajar berdiri, berjalan, berlari, dan kegiatan motorik lain. Pada masa pembelajaran kegiatan fisik tersebut, anak bisa saja terjatuh dan mengalami rasa sakit. Namun, Anda bisa membiarkan anak belajar pada kesalahan agar ia bisa tumbuh kembang menjadi pribadi yang mau belajar dan berani melewati tantangan.

2. Melatih kemampuan anak

Anda bisa mulai mengenalkan anak pada alam sejak ia berusia dini atau minimal 1 tahun. Biarkan anak Anda bermain mengitari rumah, melihat tanaman atau hewan di sekitar yang bisa mengembangkan kreativitas dan imajinasi anak lebih luas.

3. Bisa paham tentang hubungan sebab dan akibat

Setiap hal yang ada di dunia memiliki hukum sebab akibat yang bisa dikenalkan pada anak secara perlahan. Lewat permainan yang seru, Anda bisa mengajak anak untuk melakukan sesuatu yang memiliki makna tersebut. Misalnya Anda bisa mengajari anak belajar mengenal lingkungan dengan berjalan. Bila ia terjatuh, maka biarkan anak belajar untuk berhati-hati mengenali jalan agar tidak jatuh dan sakit.

4. Belajar proses

Mengenalkan anak pada pemikiran tentang proses belajar bisa dimulai sejak ia berusia dini. Anda bisa mengajak anak bermain lego atau menyusun kepingan puzzle agar si kecil belajar tentang proses sulit mencapai sesuatu. Pada akhirnya anak bisa belajar bahwa proses bisa mendapatkan sesuatu yang lebih baik, misalnya susunan lego yang membentuk bangunan sempurna.

5. Mengenal ragam bentuk, warna dan bunyi

Manfaat anak melakukan eksplorasi bisa mendukung wawasan si kecil lebih luas tentang ragam bentuk, warna dan bunyi benda. Pastikan Anda mendampingi anak belajar dengan memberikan sarana bermain yang memadai.

Jenis permainan yang bisa mengenalkan pada hal baru yang positif, kenapa tidak? Tidak perlu membeli jenis permainan yang mahal pun, Anda bisa mulai langkah eksplorasi dengan permainan sederhana di sekitar, kok. Mulai pengenalan terhadap bentuk, warna dan bunyi saat anak berusia minimal 3-6 bulan, ya! Pasalnya, bayi mulai bisa mengenali warna tertentu pada bulan kedua, tetapi penglihatan belum maksimal.

Beberapa manfaat mendampingi anak belajar banyak hal bisa Anda pertimbangkan agar periode emas si kecil bisa dikembangkan sebaik mungkin. Eksplorasi anak yang baik akan mendukung tumbuh kembang mereka menjadi pribadi yang lebih aktif, inovatif dan bahagia. Anda juga harus mendukung perkembangan anak dengan memberikan asupan nutrisi yang dibutuhkan anak sesuai usia, ya! Ajak anak untuk olahraga teratur dan menjalani pola hidup sehat demi tumbuh kembang yang sempurna.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *