5 Contoh Inflasi yang Bisa Ditemui di Kehidupan Sehari-Hari

5-Contoh-Inflasi-yang-Bisa-Ditemui-di-Kehidupan-Sehari-Hari
Foto dari Canva

Inflasi merupakan sebuah situasi dimana ada kenaikan harga barang maupun jasa di sebuah negara. Hal ini akan menyebabkan kemampuan pembelian masyarakat menurun. Penyebab dari inflasi ini sangat bervariasi mulai dari tarikan permintaan, desakan produksi, hingga kebijakan pemerintah. Lalu seperti apa contoh inflasi yang bisa kita temui di kehidupan sehari-hari?

Kejadian Inflasi

Tentu saja inflasi ini akan berpengaruh besar dalam kondisi perekonomian masyarakat dan negara. Bisa saja kesejahteraan masyarakat menurun akibat kondisi inflasi tersebut. Agar lebih mudah memahami tentang kondisi ini maka perlu diberikan beberapa contoh nyata. Berikut adalah beberapa contoh kejadian inflasi yang ada di sekitar kita:

Read More

1. Banyak Jumlah Uang Beredar

Contoh yang pertama adalah banyak uang yang ditemukan beredar di masyarakat. Ini merupakan contoh atau bentuk inflasi yang paling mudah. Hal ini biasanya diawali oleh kemudahan kredit atau pemberian pinjaman. Semakin mudah pinjaman diberikan maka akan semakin banyak jumlah uang yang beredar di masyarakat. Umumnya ini terjadi ketika masyarakat banyak menjual surat berharga ke bank.

Ketika masyarakat bisa mendapatkan askes mudah untuk memiliki banyak uang secara instan, maka peredaran uang akan semakin banyak. Hal ini harus segera dikendalikan agar tidak berkembang semakin parah. Jika jumlah uang yang beredar tidak terkendali maka akan merugikan perekonomian negara.

2. Harga Bahan Pokok Meningkat

Contoh kondisi inflasi berikutnya adalah terjadi peningkatan harga bahan pokok. Biasanya harga bahan-bahan pokok kebutuhan sehari-hari akan meningkat tajam dan hal ini semakin memperburuk kondisi perekonomian. Tentunya tingkatan inflasi akibat kenaikan harga bahan pokok ini sangat bervariasi tergantung tingkat keparahannya.

Kenaikan harga yang terjadi terus-menerus ini juga menjadi salah satu contoh inflasi yang paling mudah dideteksi di masyarakat. Seringkali kita mengalami kejadian kenaikan harga bahan pokok tertentu, bukan? Biasanya kondisi ini bisa segera kembali normal. Namun ketika semakin parah maka hal ini wajib untuk diwaspadai.

3. Daya Beli Menurun

Contoh inflasi berikutnya adalah daya beli masyarakat mulai menurun. Hal ini disebabkan oleh kenaikan harga yang terjadi secara terus-menerus. Dengan semakin mahalnya semua harga baku maka kemampuan masyarakat untuk membeli akan berkurang. Apalagi untuk masyarakat di kelas menengah ke bawah yang memang memiliki kesulitan dalam kehidupan sehari-hari.

4. Stok Barang Terbatas

Kondisi inflasi juga bisa diketahui dari jumlah peredaran barang yang beredar di pasar. Biasanya ketika terjadi inflasi maka stok barang yang ada di pasar akan dibatasi. Ini disebabkan oleh peredaran jumlah uang yang ada di masyarakat terlalu besar sehingga masyarakat cenderung melakukan pembelian berlebih.

Untuk mengendalikan perputaran uang ini maka stok barang di pasar akan dibuat terbatas. Sebenarnya ini merupakan sebuah pertanda baik karena dengan adanya pembatasan stok maka inflasi bisa segera membaik. Namun seringkali pembatasan stok ini juga akan merugikan sebagian pihak apalagi jika stok barang yang dibatasi merupakan kebutuhan pokok.

5. Kredit Semakin Sulit

Kita juga bisa mengenali inflasi lewat adanya proses kredit yang semakin dipersulit. Demi mengendalikan peredaran uang di masyarakat maka biasanya pihak bank akan mempersulit proses kredit. Dengan begitu masyarakat tidak akan mudah mendapatkan dana instan dan peredaran uang di masyarakat bisa lebih dikendalikan.

Itulah tadi 5 contoh inflasi yang bisa kita temui di kehidupan sehari-hari. Sebenarnya masyarakat juga bisa mencegah terjadinya inflasi dengan cara bijak mengelola keuangan mereka. Investasi juga bisa jadi salah satu jalan untuk mencegah inflasi termasuk teknik P2P lending yang kini mudah dijalankan lewat berbagai fasilitasi fintech.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.