5 Cara Mengatasi Memar Akibat Terbentur

  • Whatsapp
5-Cara-Mengatasi-Memar-Akibat-Terbentur
Foto dari Canva Pro

Memar merupakan suatu keadaan di mana terdapat penggumpalan darah di bawah kulit karena kapiler atau pembuluh darah kecil pecah. Memar terasa sakit saat disentuh dan membuat kulit tampak merah atau kebiruan. Salah satu terapi untuk memar adalah menggunakan obat yang mengandung heparin sodium, yaitu trombopop.

Trombopop dapat Anda peroleh di apotek terdekat. Apabila Anda tidak dapat ke apotek, maka Anda dapat menggunakan layanan Halodoc melalui situs atau aplikasi yang dapat diperoleh di Google Play atau App Store. Halodoc memudahkan berbelanja obat. Dengan demikian, Anda dapat mengehmat waktu dan tenaga serta dapat beristirahat lebih lama.

Read More

Cara Mengatasi Memar

Memar dapat terjadi pada siapapun, baik anak-anak hingga orang dewasa. Saat bagian tubuh merasa kelelahan atau terbentur benda tumpul, warna merah kebiruan dan merah dapat muncul. Warna memar akan semakin memudar setelah setidaknya seminggu.

Untuk mengatasi bagian tubuh yang memar, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan:

1. Mengompres Es pada Memar

Sesat setelah salah satu bagian tubuh terkena benturan, Anda sebaiknya segera mengompres luka benturan dengan es. Masukkan es kedalam kantong kain yang agak tebal atau handuk untuk digunakan sebagai kompres sehingga tidak menempelkan es secara langsung ke kulit.

Balok es yang memiliki suhu dingin akan meredakan peradangan dan pembengkakan pada bagian yang terbentur tersebut. Pada saat terbentur, pembuluh darah kecil akan pecah. Es membantu kulit Anda untuk mengurangi darah yang keluar dari pembuluh darah kapiler. Letakkanlah handuk berisi es pada bagian yang memar selama kurang lebih 20 hingga 30 menit.

2. Menggunakan Obat Mengandung Heparin Sodium

Memar atau lebam yang cukup besar terkadang tidak dapat sembuh dengan cepat. Selain itu, memar akan terasa sakit saat disentuh atau saat anggota tubuh digerakkan. Untuk meredakan rasa nyeri dan luka pada memar, Anda dapat menggunakan obat oles yang mengandung heparin sodium. Obat ini dapat ditemukan dalam bentuk gel atau salep trombopop.

Trombopop berguna untuk mempercepat terapi kesembuhan memar dengan cara menghalangi kerja protein dalam membekukan darah (antikoagulan), sehingga darah pada area memar tidak cepat membeku.

Trombopop membantu peradangan dan rasa nyeri pada memar. Karena peredaran darah lancar, maka luka lebam akan cepat sembuh.

Penggunaan trombopop hanya khusus untuk bagian kulit yang tidak terbuka. Jika ada luka terbuka pada kulit, Anda sebaiknya menyembuhkan luka tersebut terlebih dahulu hingga kulit tertutup. Trombopop juga dapat digunakan untuk anak-anak di atas lima tahun.

Anda dapat membeli trombopop di aplikasi atau situs Halodoc karena terjamin keasliannya telah memiliki izin dari BPOM.

3. Angkat Tubuh yang Mengalami Memar Lebih Tinggi

Luka lebam menandakan adanya aliran darah yang tidak lancar. Ketika mendapat luka memar, aturlah posisi duduk atau tidur Anda di mana posisi luka memar lebih tinggi.

Gunakanlan bantal untuk mengatur posisi ini sehingga Anda dapat mengurangi aliran darah yang menuju ke arah memar. Cara ini untuk mengurangi pembengkakan karena darah tidak berkumpul di area luka.

4. Kompres dengan Air Hangat

Kompres air hangat berfungsi untuk memperlancar peredaran darah. Gunakanlah kompres ini setelah dua atau tiga hari saat Anda terkena memar. Apabila aliran darah lancar, maka warna kulit yang luka juga akan segera berubah.

Pakailah handuk lembut untuk kompres. Setelah direndam pada air hangat, peras air kemudian tempelkan pada luka lebam kurang lebih 10 menit.

5. Minum Obat Pereda Nyeri

Anda juga dapat mengonsumsi pereda nyeri apabila memar terasa sangat sakit. Imbangi pula terapi dengan cara yang lain sehingga lebam cepat sembuh.

Memar atau lebam akan sembuh dengan sendirinya. Apabila Anda sudah melakukan cara-cara di atas, termasuk menggunakan trombohpop, ternyata tidak sembuh dalam beberapa hari atau lebih dari seminggu, Anda sebaiknya segera menghubungi dokter.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *