4 Cara Memilih Daging yang Lebih Sehat

November 22, 2019 0 By admin

Daging dapat jadi sumber protein, tetapi kandungan lemak di daging di kuatirkan bisa tingkatkan kandungan cholesterol darah. Nah, jalan keluarnya, kamu dapat pilih daging tanpa ada lemak (lean meat). Daging tanpa ada lemak bukan bermakna benar-benar tidak mempunyai kandungan lemak di dalamnya, namun kandungan lemaknya amat sedikit jika dibanding sisi daging yang lain.

Sisi daging yang berlemak, seperti kulit ayam, memang berasa lebih enak. Tetapi supaya terlepas dari efek kesehatan di baliknya, yuk pilih sisi daging yang lebih sehat:

1. Pilih sisi dengan sedikitnya lemak

Pada daging sapi, sisi lemak sedikitnya ada dibagian dalam, seputar leher, sirloin atau has luar serta tenderloin atau has dalam. Sedang sisi daging kambing yang sedikitnya memiliki kandungan lemak, ada pada has dalam, potongan daging di seputar ruang punggung, serta kaki. Sesaat daging ayam yang paling tidak berlemak ialah dada tanpa ada kulit.

2. Baca cap paket

Bila beli daging dalam paket, pilih yang yang mempunyai cap “daging pilihan”, atau dalam bahasa Inggris “choice”, “select,” serta bukan yang “prime”. Daging type “prime” umumnya memiliki kandungan makin banyak lemak.

3. Lihat prosentase kandungan lemak pada daging dalam paket

Bila beli daging yang telah dalam paket atau potongan, pilih yang prosentase daging tanpa ada lemaknya tertinggi, yakni 90% atau lebih.

4. Lihat kandungan lemak pada daging giling

Daging ayam giling bisa saja memiliki kandungan banyak lemak sebab umumnya memiliki kandungan daging sisi paha serta kulit. Supaya lebih sehat, kamu dapat pilih daging dada giling, atau pilih yang 90% daging ayam giling tanpa ada lemak.

Kamu dapat menanyakan pada penjual daging, mana sisi yang sedikitnya memiliki kandungan lemak. Bila kamu konsumsi daging di restoran, kamu dapat minta sisi yang sedikitnya lemak pada pramusaji.

Buat kamu yang memproses daging sendiri, kamu dapat pilih cara yang kurangi kandungan lemak seperti memanggang serta menumis. Kemudian, tiriskan serta buang lemak yang masih sisa.

Janganlah lupa, batasi daging olahan, seperti sosis serta patty burger, sebab umumnya memiliki kandungan banyak lemak serta garam. Tidak hanya daging, konsumsi protein dapat juga kamu bisa dari makanan type lain, seperti telur, ikan, serta kacang-kacangan.